PASUKAN GEGANA

BRIMOB UNTUK INDONESIA

Kesiapan Brimob Porong Antisipasi Bencana di 5 Kabupaten/Kota

Sidoarjo – Polda Jatim melakukan antisipasi bencana di lima kabupaten dan kota. Satuan Brigade Mobil Polda Jatim Detasemen Pelopor Sub Detasemen 2 Porong menyiagakan personel rescue dengan peralatan lengkap.

Lima kabupaten dan kota tersebut di antaranya Kabupaten Mojokerto, Kabupaten/Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya. Brimob Porong menyiapkan dua pleton personel serta satu pos kesehatan.

Menurut Komandan Kompi Satuan Brigade Mobil Polda Jatim Detasemen Pelopor Sub Detasemen 2 Porong, Iptu Girinda Wardana Akbar Rahmadani, pihaknya mengantisipasi bencana banjir, tanah longsor, angin kencang dan bencana lain

“Kami menyiapkan sekitar 67 personel. Sewaktu-waktu siap dibutuhkan. Untuk membantu pada saat terjadinya bencana,” kata Girinda kepada wartawan, usia melakukan pengecekan sarana dan prasarana rescue di Mako Brimob Porong Sidoarjo, Senin (13/1/2020).

Girinda menambahkan, setiap personel Brimob sudah memiliki keterampilan dan keahlian di bidang rescue. Keahlian tersebut merupakan kewajiban para personel Brimob. Ini merupakan perintah pimpinan bahwa setiap kesatuan Brimob harus menyiapkan personel untuk atasi bencana.

“Personel Brimob itu hukumnya wajib harus ahli di bidang rescue,” tambah Girinda.

Lebih lanjut Girinda menjelaskan, selain menyiapkan personel, pihaknya juga menyiapkan sarana dan prasarana. Di antaranya perahu dayung, perahu karet dengan mesin tempel, beberapa pelampung, tambang dan beberapa kelengkapan rescue lainnya.

Setiap ada kejadian di lima wilayah tersebut, pihaknya akan secepatnya untuk kirim personel rescue ke daerah tersebut. “Kami siap sewaktu-waktu dibutuhkan, mengirimkan personel dan peralatan rescue. Selain itu kami juga siap mengirimkan tim kesehatan,” pungkas Girinda.

Januari 2020
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031