PASUKAN GEGANA

BRIMOB UNTUK INDONESIA

Subden 4 Detasemen Gegana Amankan Temuan Benda yang di duga BOM di Desa Tangga Baru Bima

Sekitar Pukul 13.00 Wita Jajaran Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda NTB melaksanakan Patroli Motor memback up Polres Bima Kabupaten Yang dipimpin Langsung Oleh Komandan Kompi 1 Batalyon C Pelopor Iptu Deddy Supriadi. Patroli Bermotor ini dalam rangka Patroli Ciipta Kondusif akibat terjadi perkelahian Antar Kampung Warga Desa Tangga Baru dan Desa Waro Kabupaten Bima. Dalam Pelaksanaan Patroli cipta Kondusif Tim Patroli menemukan benda yang di curigai sebagai Bom di perbatasan di Desa Tangga Baru.
Iptu Dedi Supriyadi menjelaskan Benda yang di curigai sebagai Bom di temukan oleh tim patrolli dari Kompi 1 Batalyon C Pelopor tepat di atas Jembatan Perbatasan Antara Desa Tangga Baru dan Desa Waro.
“Setelah kami mendapat temuan, kami langsung menghubungi dan berkordinasi dengan Kanit Jibom Subden 4 Detasemen Gegana dan mensterilkan TKP terlebih dahulu dari kegiatan,” Ungkap Danki
Tak berselang lama Unit Jibom Subden 4 Detasemen Gegana dibawah pimpinan Kanit II Jibom Ipda Nengah Wiranata tiba di TKP.
Ipda Nengah langsung memberikan himbauan kepada masyarakat sekitar TKP untuk menjauh dari TKP dan Operator 1 melakukan Analisa Awal terhadap benda yang diduga sebagai Bom.


Setelah selesai melakukan Analisa oleh Operator I Unit Jibom Subden 4 Detasemen Gegana mendapatkan hasil benda yang diduga sebagai Bom tersebut di kemas dengan Botol dengan Tinggi 11 Cm dengan diameter 2,7Cm dan dililit dengan Karet ban.
Setelah melaksanakan Analisa Oleh Operator 1 Unit Jibom Subden 4 Detasemen Gegana, Benda tersebut di amankan ke Mako Subden 4 Detasemen Gegana sesuai dengan SOP yang berlaku.
“Setelah berkordonasi dengan Operator I Kami mengambil Keputusan untuk dibawa terlabih dahulu ke Mako sesuai SOP guna Identifikasi lebih lanjut, Kata Ipda Nengah
Setalah tiba di Mako Subden 4 Detasemen Gegana Unit Jibom Subden 4 Detasemen Gegana melanjutkan identikasi lanjutan yang dipimpin oleh Ipda Nengah Wiranata lalu di ketahui bahwa isian dari benda yang di dugas sebagai Bom adalah Anfo yang dikemas di dalam Botol Bir.
Lebih Lanjut Ipda Nengah Wiranata menjelaskan bahwa Jenis Bahan Peledak ini kita kenal Sebagai Bom Ikan dengan detonator rakitan dengan system pemicu nya di bakar.


Bom Ikan yang di temukan oleh tim Patroli ini di duga digunakan untuk perang antar kampung.
“seperti kita ketahui 2 hari ini situasi di Wilayah Desa Tangga Baru dan Desa Waro memanas. Kami Menduga benda tersebut di gunakan untuk perang kampung,” Kata Ipda Nengah.
“Kita Doakan agar situasi di Kabupaten Bima cepat Kembali Kondusif,”Tutup Ipda Nengah.

Oktober 2020
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031